PERANCANGAN APLIKASI E-REKRUTMEN PERUSAHAAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Teknologi informasi merupakan sebuah ilmu yang selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat, sesuai dengan perkembangan ilmu yang lainnya dan perkembangan cara berpikir manusia.
Sebagai salah satu negara berkembang, teknologi informasi dapat menjadi tolak ukur kemajuan Indonesia. Kualitas bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan teknologi informasi yang baik. Dengan teknologi informasi yang baik, dapat memungkinkan menaikan kualitas terhadap aspek lain, contohnya pekerjaan.
Saat ini ketika perusahaan mengadakan perekrutan karayawan baru maka mereka akan menyiapkan segala kebutuhan operasional yang sangat banyak dan besar.
Dengan memanfaatkan teknologi informasi, hal tersebut dapat dengan mudah teratasi. untuk perusahaan yang mengingikan agar terjadi efisiensi dan pemangkasan ongkos operasional, perusahaan tersebut bisa memanfaatkan teknologi informasi seperti menyediakan sistem yang bisa menampung data pendaftar serta dapat melakukan seleksi otomatis maupun manual dalam proses perekrutan karyawannya.
Dengan kemudahan yang ditawarkan teknologi informasi, maka solusi semacam itu harus diterapkan dalam kehidupan nyata untuk memudahkan kehidupan bermasyarakat.
1.2. Maksud dan Tujuan
Maksud dari aplikasi ini adalah :
· Mengembangkan aplikasi web untuk menampung data pelamar pekerjaan (data diri, data pendidikan, data keluarga, data sertifikat dan data pengalaman kerja).
Tujuan dari aplikasi ini adalah :
· Memudahkan perusahaan untuk mengelola data pelamar pekerjaan.
· Memangkas jumlah pendaftar yang tidak memenuhi kriteria setiap tahap dengan melakukan seleksi secara otomatis
Ruang lingkup aplikasi ini adalah
· Aplikasi ini dapat menampung jutaan data pelamar.
· Aplikasi dapat melakukan seleksi administrasi secara otomatis.
· Aplikasi dapat memberikan noifikasi terhadap pelamar.
· Aplikasi dapat membantu perusahaan mengatur beberapa tahap setelah administrasi.
BAB II
DESKRIPSI PERANGKAT LUNAK
2.1 Nama Perangkat Lunak
E-Rercuitment
2.2 Metodologi Pengerjaan
Metodologi pengerjaannya yaitu :
1. Analisa Permasalahan
Analisa dilakukan untuk mendapatkan pokok permasalahan yang ingin dipecahkan berdasarkan pembahasan mengenai masalah kesehatan yang sangat tidak diperhatikan oleh masyarakat.
2. Perencanaan Aplikasi
Perencanaan dari aplikasi dilakukan dimulai dari penentuan jenis aplikasi, software pembantu dalam membuat aplikasi, penentuan output atau hasil dari aplikasi, dan software yang mendukung pengolahan hasil dari aplikasi yang berjenis dokumen.
3. Implementasi
Implementasi dilakukan setelah rancangan program telah terbentuk. Pada tahap ini akan dijelaskan langkah-langkah pembuatan aplikasi secara spesifik yaitu dalam hal pemrograman dan penjelasan logika dari program itu sendiri.
4. Uji Coba Aplikasi
Setelah aplikasi selesai dibuat, perlu dilakukan sebuah uji coba untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kesalahan yang tak terduga saat perancangan aplikasi. Proses uji coba dilakukan pada aplikasi yang telah selesai mendapatkan implementasi script program.
5. Pengaplikasian dan Perawatan
Setelah kami selesai melakukan uji coba dalam lingkungan kami, maka akan dilakukan uji coba lapangan dengan mengaplikasikan program ke dalam lingkup perusahaan.
2.3 Teknologi yang Digunakan
Laptop / PC dengan spesifikasi sebagai berikut :
· Processor Intel® Core™ i5-2410M.
· CPU @ 2.30GHz.
· Kapasitas RAM 8GB.
· Harddisk 1 TB.
Perangkat Lunak sebagai berikut :
· Android Studio
· Ubuntu Linux 16.04
· Oracle Database
· Atom text editor
· Framework Laravel
· Nginx web server
· Git Kraken
2.4 Sususan Kelompok
Susunan kelompoknya yaitu :
· 1 Orang Project Manager.
· 2 Orang System Analyst.
· 3 Orang Programmer.
· 2 Orang Database Administrator.
· 2 Orang Quality Assurance.
· 2 Orang Trainer.
· 1 Orang Dokter.
· 1 Orang Apoteker.
· 1 Orang Laboran.
2.5 Rincian Biaya
Adapun untuk pembiayaan terdiri dari kebutuhan perangkat lunak dan kebutuhan pegawai :
1. Kebutuhan Perangkat Lunak
· Ubuntu Linux 17.10 Free.
· Mysql Database Free.
· Visual Studio Code Free.
· Framework Laravel Free.
· Nginx web server Free.
· Git Bash Free
Total Free
2. Kebutuhan Perangkat Keras
· Pengadaan Server Rp 50.000.000,-
Total Rp 50.000.000,-
3. Kebutuhan Kepegawaian
· Project Manager Rp 25.000.000,- x 1
· System Analyst Rp 20.000.000,- x 2
· Programmer Rp 13.000.000,- x 3
· Database Administrator Rp 15.000.000,- x 2
· Quality Assurance Rp 7.000.000,- x 2
Total Rp 80.000.000,-
4. Kebutuhan Lain-lain
· Dokumentasi Rp 2.000.000,-
2.6 Keluaran
· Tersusunnya dokumen studi kelayakan.
· Terbentuknya Aplikasi E-Recruitment.
· Terencanakan anggaran pada proyek.
BAB III
PENUTUP
Demikian proposal pembuatan perangkat lunak ”E-Recruitment” ini kami buat dan ajukan kepada perusahaan anda. Mengingat betapa pentingnya kesehatan bagi kelangsungan aktivitas masyarakat yang sibuk, maka perlu adanya perangkat lain yang dapat menunjang kebutuhan yang mendesak dan sangat penting ini. Zaman sekarang semua hal harus dilakukan dengan cepat, tidak terkecuali pada aspek kesehatan.
http://fajarbaskoro.blogspot.co.id/2017/02/mppl17-04-menentukan-ruang-lingkup.html
Komentar
Posting Komentar